Minggu, 04 April 2010

lapar

Tiba2 tiba teringat suatu hari di semarang, saat aku pesan makan nasi rames, dengan lemah lembut aku berkata pada si penjual "buk nasinya sedikit aja" si penjual tetep ngasih nasi banyak ke piring, jadi aku mengulangi perkataanku "buk sedikit aja nasinya" tiba2 dengan muka galak si penjual pun memarahiku "sedikit sedikit kamu itu mau makan sedikit apa banyak bayarnya sama aja, gak usah minta dimurahin harganya!" agak jengkel juga, dalam hati aku cuma bisa bergumam "masalahe bukan bayarnya tapi mubazir kalo tidak habis" saat itu aku emang sedang sakit sesuatu yang membuat nafsu makanku bener2 turun. Aku emang paling benci lihat orang yang menyisakan makanannya, dan saat itu aku harus membenci diriku sendiri yang bahkan tidak bisa menghabiskan seperempat dari nasi yang diambilkan penjual rames itu. Ternyata berbeda ya budaya jogja, dengan semarang, masak gak boleh sih pesan nasi sedikit. Aku gak keberatan kalaupun emang harus membayar sama...
Di jogja, hampir di ramesan manapun, tetep aja boleh pesan nasi separuh dari porsi normal. Di jogja juga ada nasi angkring, atau nasi kucing yang notabene diperuntukkan untuk orang-orang yang cuma pengen makan sedikit nasi.

3 komentar:

  1. kayax urang padang tuh yg punya warung ato urang china...hahah.....:D

    BalasHapus
  2. orang cina keturunan padang mungkin :p

    BalasHapus
  3. orang cina keturunan padang mungkin :p

    BalasHapus